Tips Aman Sebelum Melakukan Pengiriman Internasional

Pengiriman Internasional

Di jaman yang serba canggih seperti saat ini, banyak sekali berbagai macam jasa bermunculan. Salah satunya adalah jasa pengiriman barang lokal yang sudah menjangkau lingkup internasional. Pengiriman barang pun kini menjadi semakin mudah dan cepat. Walaupun pengiriman internasional ke luar negeri atau pun dari luar negeri, tetap bisa dilakukan dengan baik dengan beberapa syarat tertentu.

Beberapa syarat yang dimaksud antara lain meliputi perhitungan kurs dollar dan beberapa dokumen yang diperlukan terkait pengiriman barang agar bisa lolos pengecekan bea cukai dan tahap lainnya.

Adapun beberapa tips aman dalam melakukan pengiriman internasional agar bisa berjalan dengan lancar. Apa saja sih tipsnya? Simak ulasan berikut ini yuk!

{tocify} $title={Daftar Isi}

Tips Aman Sebelum Melakukan Pengiriman Internasional

Kemas barang dengan baik dan aman

Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi diperjalanan terkait barang yang dikirimkan. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk mengemas paket dengan baik agar terhindar dari hal-hal tak terduga yang disebabkan adanya goncangan diperjalanan.

Jika diperlukan, Anda juga bisa menambahkan tambahan packing pengaman seperti kayu, gabus styrofoam dan tambahan bubblewrap untuk melindungi barang yang akan dikirimkan.

Tambahkan keterangan label pada kemasan paket

Setiap melakukan pengiriman, kita akan mengisi formulir terkait isi dan tujuan paket tersebut. Selain itu, ada baiknya juga Anda menambahkan keterangan label pada kemasan paket terkait nama, alamat dan kontak yang bisa dihubungi, agar paket Anda bisa sampai tujuan dengan cepat.

Ketika menambahkan keterangan, usahakan jangan sampai ada kesalahan seperti kurang lengkap pada penulisan alamat ataupun kesalahan pada pencantuman nomor telepon yang bisa dihubungi.

Periksa biaya jasa pengiriman internasional

Ketika melakukan pengiriman internasional, tentu kita akan dihadapkan dengan pilihan biaya pengiriman. Jumlah biaya yang dikenakan untuk pengiriman internasional tentu berbeda-beda. Seperti halnya, ketika melakukan pengiriman barang dari Arab Saudi ke Indonesia ataupun ke negara tujuan lainnya.

Untuk penyesuaian pembayarannya ada yang menggunakan rupiah, kurs dollar, paypal ataupun yang lainnya.

Gunakan jasa asuransi pengiriman internasional

Setelah selesai memeriksa biaya pengiriman, sangat disarankan untuk menggunakan jasa asuransi pengiriman internasional. Biasanya jasa pengiriman yang Anda pilih sudah menyediakan opsi ini, jadi Anda tinggal meminta untuk menambahkannya. Walaupun ada sedikit tambahan biaya terkait asuransi, perasaan akan lebih tenang karena asuransi akan membuat perasaan Anda tetap nyaman sampai paket benar-benar sampai tujuan tanpa takut rusak atau hilang.

Jika nantinya terjadi kerusakan atau kehilangan, maka pihak asuransi yang Anda pilih akan mengembalikan sejumlah uang atau barang sesuai dengan deal negosiasi Anda.

Dokumentasikan paket sebelum dikirim

Ini penting. Sangat disarankan Anda melakukan dokumentasi terlebih dahulu terkait paket yang akan dikirimkan seperti foto dan video. Dokumentasi tersebut menjadi bukti bahwa barang yang akan dikirim dalam kondisi baik tanpa ada masalah.

Itulah beberapa Tips Aman Sebelum Melakukan Pengiriman Internasional yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
{leftSidebar}

Tinggalkan komentar di Barungeblog yuk!

• Berkomentar dengan sopan
• Tidak memasukkan link aktif (Spam)
• Berkomentar yang relevan sesuai artikel
• Komentar yang kasar dan mengandung unsur SARA akan dihapus

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama