Manfaat Memiliki Blog Sendiri untuk Masa Depan

Manfaat Memiliki Blog Sendiri

Barungeblog.com - Bisa dikatakan di era serba digital ini, blgo menjadi salah satu platform yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan berbagai sektor. Tak heran banyak yang berpendapat kalau manfaat memiliki blog sendiri untuk masa depan itu sangatlah banyak.

Mungkin manfaatnya tidak akan dirasakan secara langsung. Akan tetapi di masa mendatang, seseorang yang mulai blognya semenjak sekarang akan sangat berterima kasih kepada dirinya sendiri. Termasuk barumin hehe.

{getToc} $title={Daftar Isi}

Manfaat Memiliki Blog Sendiri untuk Masa Depan

Dengan komitmen yang tinggi serta konsisten dalam membuat konten blog, berbagai manfaat ngeblog berikut ini pasti bisa kamu rasakan kok. Percaya deh sama Barumin!

1. Meningkatkan Skill Menulis

Kalau kamu hobi menulis, ngeblog menjadi salah satu media yang wajib kamu coba. Kamu bisa bebas menuliskan apapun di blog milikmu sendiri. Dengan begitu kemampuan menulis bisa lebih ditingkatkan lagi seiring berjalannya waktu.

2. Personal Branding

Di era digital seperti saat ini, membangun citra diri atau personal branding sangatlah penting dilakukan. Karena dengan branding yang baik dan menarik, tentu tidak ada yang perlu dikhawatirkan di masa depan.

Karir kamu bisa lebih cemerlang, apalagi saldo kamu. Duh... gak kebayang kalau bisa beli apapun tanpa lihat harganya.

3. Portofolio

Kalau kamu menguasai kempuan tertentu yang bisa kamu jadikan sumber penghasilan, kamu bisa mencantumkan beberapa contoh proyek hasil kerjamu di blog sebagai portofolio.

Dengan begitu, ketika calon klien meminta portofolio, kamu tidak kerepotan lagi mengirim berbagai file dan dokumen. Cukup kirimkan link halaman portofolio yang sudah kamu buat di blog. Simple kan!

Tentunya para klien akan lebih yakin dengan jasa atau produk yang kamu tawarkan secara online di blog. Wih keren...

4. Memperluas Relasi

Dengan menulis di blog, memungkinkan kamu bertemu dengan sesama blogger di internet. Kamu bisa menjalin hubungan pertemanan dengan mereka yang tidak menutup kemungkinan, di masa mendatang bisa mendatangkan rejeki tak terduga dari mereka.

Untuk mempererat dan menambah jaringan relasi blogger, kamu bisa melakukan kolaborasi atau juga bergabung ke forum belajar bersama sesama blogger.

5. Meningkatkan Pengetahuan

Dengan ngeblog, secara tidak langsung kamu akan dipaksa belajar untuk membuat dan mengelola konten blog. Bisa dikatakan, kamu telah satu langkah maju dalam peningkatan keahlian di bidang teknologi. Benar kan?

Kamu juga bisa menambah pengalaman serta memperdalam topik atau niche yang kamu bahas sebagai konten utama di blog milikmu. Yang awalnya cuma sekedar tahu aja, akhirnya bisa menjadi ahli atau pakar di bidangnya karena berawal dari ngeblog. Gokil!

6. Meningkatkan Kemampuan Riset

Sebagai seorang blogger, kamu juga bisa disebut sebagai digital marketer dalam mempromosikan suatu produk, layanan atau kampanye tertentu.

Agar promosi di blog bisa sukses menjangkau banyak pengunjung, tentunya harus dilakukan berbagai riset mendalam.

Nah, yang awalnya cuma sebagai follower doang dan penonton aja, dengan mulai ngeblog dari sekarang kamu bisa menjadi pusat perhatian serta influencer. Gimana? Menarik kan?

7. Mendapatkan Feedback

Dari berbagai konten yang kamu publikasikan di blog, pasti akan ada komentar dan tanggapan dari beberapa pengunjung yang mempir ke blog kamu.

Dari komentar mereka, kamu bisa merefleksi diri dan merenungi berbagai saran serta pembelajaran apa saja yang sekiranya bisa bantu menutupi kekuranganmu bahkan menggantinya dengan kelebihan baru.

Jadi, sebagai blogger jangan gampang baper kalau ada komentar yang mungkin kurang enak di hati. Gwenchana... gwenchanayo...

8. Passive Income

Pasti alasan utama kamu pengen segera punya blog sendiri ini kan? Hayoo ngaku! Karena bisa mendapatkan passive income dari ngeblog kan? Haha

Yup benar! Dengan blog, kita sangat bisa mendapatkan penghasilan sampingan tambahan dari berbagai sumber.

Contohnya seperti dari Google AdSense, iklan mandiri, content placement, content review dan masih banyak lagi.

Selain itu, blog yang dirawat dengan baik hingga memiliki ranking yang bagus, bisa menjadi aset digital dengan harga jutaan hingga ratusan juta rupiah lho per blognya.

9. Catatan Pribadi

Kalau kamu kebingungan karena tidka punya tempat bercerita, blog bisa menjadi salah satu media terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mencurahkan isi hati dan pikiranmu.

Kamu malu kalau dibaca orang lain? Kan bisa disetting di pengaturan blog dijadikan private. Jadi cuma kamu sebagai penulis yang bisa membacanya.

Di masa mendatang, kamu bisa membaca ulang tulisan-tulisan tersebut sebagai catatan perjalanan hidup yang telah kamu lalui. Kamu bisa melihat perkembanganmu secara signifikan dari catatan yang kamu tuliskan di blog.


Itulah beberapa manfaat memiliki blog sendiri mulai dari sekarang yang bisa Barumin rangkum. Mungkin kedepannya akan diupdate lagi jika ada poin yang memang relevan dengan postingan ini.

Atau mungkin kamu punya pendapat lain terkait manfaat memiliki blog sendiri untuk masa depan? Bisa dituliskan di kolom komentar ya!

Tengkyu 😉

Tinggalkan komentar di Barungeblog yuk!
• Berkomentar dengan sopan dan relevan
• Tidak memasukkan link aktif (Spam)
Terimakasih~

Lacipedia Network
Lacipedia Network

نموذج الاتصال