Sejarah Singkat Blogger

Sejarah Singkat Blogger

Barungeblog.com - Sebelum kita belajar cara menjadi blogger pemula dan cara membuat blog sendiri, tidak ada salahnya kalau kita belajar atau mencari tahu sekilas tentang sejarah singkat blogger. Sekalian menambah pengetahuan dan wawasan dikit lah... Gakpapa kan? Hehe...

Tenang... Barumin gak akan menulis panjang lebar kok di sini. Soalnya udah Barumin rangkum beberapa bagian poin-poin penting yang berkaitan dengan sejarah platform blogger milik Google ini.

{getToc} $title={Daftar Isi}

Sejarah Singkat Blogger

Poin-poin sejarah blogger akan Barumin sampaikan dengan singkat, padat dan jelas. Biar bisa segera lanjutin materi cara membuat blog bagi pemula dengan membaca Panduan Belajar Blog Platform Blogger Pemula

Misalnya ada informasi yang kurang atau ada kesalahan, jangan lupa tinggalkan komentar ya! Biar nanti Barumin revisi dan edit ulang poin-poinya. Tengkyu...

Pendirian Platform Blogger

  • Platform Blogger diluncurkan oleh Pyra Labs yang didirikan oleh Evan Williams dan Meg Hourihan pada 23 Agustus 1999.
  • Blogger didirikan bertujuan menyediakan platform yang bisa digunakan secara mudah untuk membuat dan mengelola sebuah blog.

Ternyata platform kesayangan buat nulis kita-kita para blogger ini udah lama juga ya pendiriannya.

Blogger Diakuisisi Google

  • Blogger telah diakuisisi Google pada tahun 2003, lebih tepatnya Google mengakuisisi perusahaan yang membuat paltform blogger pertama kami, yakni Pyra Labs.
  • Semenjak diakuisisinya blogger, sudah banyak meningkatkan data saing dan sumber daya platform serta aplikasi yang bersifat terbuka, yang membantu para blogger mengelola dan mengembangkan blog dengan lebih baik.

Mbah Google emang keren dalam pembaruan fiturnya. Sama seperti YouTube yang diakuisisi google dan sekarang sudah sangat pesat kemajuannya.

Blogger Terintegrasi dengan Google

  • Setelah berhasil mengakuisisi perusahaan pendiri platform Google, pada tahun 2004 blogger telah terintegrasi ke dalam ekosistem milik Google.
  • Integrasi ini, membuat platform blogger semakin banyak fiturnya dan memberikan akses ke banyak layanan milik Google sehingga membuat pengalaman pengguna semakin baik.

Para pemilik blog tentunya sangat senang dengan pembaruan ini. Soalnya jadi lebih mudah dalam optimasi blog yang dikelola serta memaksimalkan metode cara dapat uang dari blog.

Platform Blogger Mulai Populer

  • Blogger berhasil mencapai puncak popularitasnya da awal tahun 2010-an.
  • Banyak pengguna yang memilih platform blogger karena kemudahannya dalam penggunaannya serta pengaturannya yang tidak rumit.

Tahun 2010, Barumin masih suka main game di warnet. Dan emang benar, sering dapat referensi tugas sekolah ataupun info terbaru tentang game dari blog yang ditulis di platform blogger pada waktu itu.

Barumin juga sempat nyobain iseng daftar di platform blogger di tahun itu, tapi mulai serius di tahun 2014-an sih.

Perubahan Kebijakan Google pada Blogger

  • Sekitar tahun 2015, Google melakukan perubahan kebijakan secara besar-besaran yang menimbulkan banyak pro dan kontra dari sebagian penggunanya.
  • Salah satu hal yang paling mencolok yakni adanya aturan baru "pembatasan konten dewasa".

Wah wah... ini mah yang protes pasti para blogger yang tetew! Hehe...

Bersaing dengan Platfrom Lain

  • Semakin bertambahnya kemajuan jaman, platform blogger mulai menghadapi banyaknya platform blog lain yang bermunculan dengan berbagai fitur unggulannya seperti WordPress, Medium dan sebagainya.
  • Pihak Google tidak tinggal diam, tim mereka juga melakukan update besar-besaran untuk memperbarui fitur terbaru di blogger untuk bersaing dengan platform lain secara kompetitif.

Pembaruan plaing mencolok yang Barumin alamin sendiri waktu itu kalau gak salah 2020-an, blogger melakukan update tampilan dashboard baru, jadi bikin bingung waktu pertama kali beralih tampilan.

Tapi lama-kelamaan terbiasa juga kok. Tentunya ditambahkan berbagai fitur baru yang semakin komplit dan cara menjadi blogger yang baik terasa lebih mudah dalam optimasinya.

Update Pembaruan Terkini

  • Akhir-akhir ini, Google sering melakukan update pada platform blogger. Seperti perubahan URL link pada gambar yang dihost di blogger, penambahan fitur lazy load untuk mempercepat loading blog hingga fitur convert otomatis jenis format gambar ke format WebP yang bisa disetting di menu pengaturan pada dashboard blogger.
  • Yang jelas, pasti ada pembaruan terus-menerus menyesuaikan kebutuhan pengguna di era yang serba digital ini.

Nah, itulah beberapa poin yang berhasil Barumin rangkum buat menambah wawasan kamu sebagai blogger pemula tentang sejarah platform blogger milik google ini.

Mungkin kamu juga bertanya-tanya tentang Perbedaan Blogger dan Blogspot Milik Google

Kalau ada kesalahan atau ada poin yang perlu ditambahkan, tinggalin komentar ya! Biar Barumin update segera kontennya!{alertWarning}

Tengkyu 😉

Tinggalkan komentar di Barungeblog yuk!
• Berkomentar dengan sopan dan relevan
• Tidak memasukkan link aktif (Spam)
Terimakasih~

Lacipedia Network
Lacipedia Network

نموذج الاتصال